Universitas Mercu Buana

Unggul, Bermutu dan Bemanfaat

EVALUASI KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN BIDANG KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS MERCU BUANA TAHUN AKADEMIK 2014/2015



1.                  Deskiripsi Umum Responden


Dalam rangka memberikan gambaran yang komprehensif terhadap penelitian, berikut ini dideskripsikan mengenai data responden sebagai unit analisis. Pendeskripsian ini menjadi penting sebagai informasi awal untuk menilai apakah karakteristik responden mampu mewakili populasi, atau dengan kata lain apakah informasi yang diberikan oleh responden dengan karakteristiknya dapat menjawab dan menjelaskan permasalahan dari sejumlah variabel penelitian. Oleh karena itulah deskripsi identitas responden dalam penelitian ini dapat   dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yaitu : Fakultas, Usia, Jenis kelamin, dan Fungsional Organisasi responden.
Pembahasan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan kemahasiswaan di Universitas Mercu Buana, dimana dalam melakukan penelitian  ini ditetapkan sebesar 100 orang mahasiswa aktif  yang dijadikan sebagai responden. Dalam pelaksanaan penelitian ini, ditetapkan sebesar 100 responden, dimana dari 100 kuesioner yang dibagikan kepada responden maka semua kuesioner telah dikembalikan dan semuanya dapat diolah lebih lanjut. Oleh karena itulah akan disajikan deskripsi identitas responden yang dapat diuraikan sebagai berikut :

a.      Fakultas
Fakultas  responden dalam penelitian ini dapat dikelompokkan dalam 6 kelompok yaitu kelompok Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM), Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM), Fakultas Psikologi (FPSi) dan Fakultas Desain dan Seni Kreatif (FDSK), untuk lebih jelasnya akan disajikan karakteristik responden berdasarkan fakultas yang dapat dilihat pada tabel berikut ini :




Tabel 1
Fakultas
Fakultas

Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
FT
14
14.0
14.0
14.0
FEB
64
64.0
64.0
78.0
FIKOM
9
9.0
9.0
87.0
FASILKOM
5
5.0
5.0
92.0
FPsi
6
6.0
6.0
98.0
FDSK
2
2.0
2.0
100.0
Total
100
100.0
100.0

   (Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)
Berdasarkan tabel 1 yakni karakteristik responden menurut fakultas responden, maka dari 100 orang responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini maka kelompok responden berdasarkan fakultas yang terbesar dalam penelitian ini adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yakni sebesar 64 orang atau 64%. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa yang memperoleh pelayanan kemahasiswaan adalah didominasi oleh FEB jika dibandingkan dengan Fakultas lainnya.

b.      Usia
Usia responden dalam penelitian ini dapat dikelompokkan dalam 5 kategori yaitu kategori 17 – 21, 21 – 25, 25 – 29, 29 – 33 dan 33 tahun – keatas, untuk lebih jelasnya akan disajikan karakteristik responden berdasarkan usia yang dapat dilihat pada tabel berikut ini :


Tabel 2
Usia
Usia

Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
17-21 th
80
80.0
80.0
80.0
21-25 th
19
19.0
19.0
99.0
25-29 th
1
1.0
1.0
100.0
Total
100
100.0
100.0

        (Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)

Berdasarkan tabel 2 yakni karakteristik responden menurut usia responden, maka dari 100 orang responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini maka kategori responden berdasarkan usia yang terbesar dalam penelitian ini adalah 17 – 21 tahun yakni sebesar 80 orang atau 80%. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa yang memperoleh pelayanan kemahasiswaan adalah didominasi oleh Usia 17 – 21 tahun jika dibandingkan dengan Usia lainnya. Disamping itu Usia  29 – 33 dan 33 tahun – keatas, tidak terdapat dalam penelitian.

c.       Jenis Kelamin
Jenis Kelamin responden dalam penelitian ini dapat dikelompokkan dalam 2 kelompok yaitu kelompok Pria dan Wanita, untuk lebih jelasnya akan disajikan karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin yang dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Tabel 3
Jenis Kelamin
Jenis_Kelamin

Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
Pria
27
27.0
27.0
27.0
Wanita
73
73.0
73.0
100.0
Total
100
100.0
100.0

       (Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)
Berdasarkan tabel 3 yakni karakteristik responden menurut jenis kelamin responden, maka dari 100 orang responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini maka kategori responden berdasarkan jenis kelamin yang terbesar dalam penelitian ini adalah Wanita yakni sebesar 73 orang atau 73%. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa yang memperoleh pelayanan kemahasiswaan adalah didominasi oleh Wanita jika dibandingkan dengan Pria.

d.      Fungsional Organisasi
Fungsional Organanisasi responden dalam penelitian ini dapat dikelompokkan dalam 4 kelompok yaitu kelompok UKM, BEM F, HIMA dan Komunitas. Disamping itu terdapat juga 1 kelompok mahasiswa yang tidak aktif, untuk lebih jelasnya akan disajikan karakteristik responden berdasarkan Fungsional Organisasi yang dapat dilihat pada tabel berikut ini :

    Tabel 4
Fungsional Organisasi
Fungsional Organisasi

Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
Tidak aktif
44
44.0
44.0
44.0
UKM
29
29.0
29.0
73.0
BEM F
4
4.0
4.0
77.0
HIMA
8
8.0
8.0
85.0
KOMUNITAS
15
15.0
15.0
100.0
Total
100
100.0
100.0

     (Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)

Berdasarkan tabel 4 yakni karakteristik responden menurut Fungsional Organisasi responden, maka dari 100 orang responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini maka kategori responden berdasarkan Fungsional Organisasi yang terbesar dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang tidak aktif yakni sebesar 44 orang atau 44%.  Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa yang memperoleh pelayanan kemahasiswaan adalah didominasi oleh mahasiswa yang tidak aktif jika dibandingkan mahasiswa yang terdapat di Fungsional Organisasi. Adapun dari UKM yakni sebesar 29 orang atau 29% jika dibandingkan Organisasi lainnya.

2.                  Uji Validitas  dan Reliabilitas

Untuk menguji apakah alat ukur (instrument) yang digunakan memenuhi syarat-syarat alat ukur yang baik, sehingga menghasilkan data yang sesuai dengan apa yang diukur, sebelum dilakukan analisis data berdasarkan hasil data yang terkumpul terlebih dahulu dilakukan pengujian data melalui uji validitas dan reliabilitas data.






Tabel 5
Dimensi Tangibles Harapan
No.
Pernyataan
Pearson Correlation
r tabel
Keterangan
1
Pernyataan 1
0.769
0.30
Valid
2
Pernyataan 2
0.783
0.30
Valid
3
Pernyataan 3
0.764
0.30
Valid
4
Pernyataan 4
0.717
0.30
Valid
5
Pernyataan 5
0.766
0.30
Valid
6
Pernyataan 6
0.757
0.30
Valid
7
Pernyataan 7
0.786
0.30
Valid
8
Pernyataan 8
0.771
0.30
Valid
    (Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)
Berdasarkan tabel 5, dimensi Tangibles Harapan menunjukkan Pearson Correlation 0.769, 0.783, 0.764, 0.717, 0.766, 0.757, 0.786, dan 0.771 lebih besar dari 0.30. Maka seluruh pernyataan adalah Valid.

Tabel 6
Dimensi Reliability Harapan
No.
Pernyataan
Pearson Correlation
r tabel
Keterangan
1
Pernyataan 1
0.781
0.30
Valid
2
Pernyataan 2
0.783
0.30
Valid
3
Pernyataan 3
0.760
0.30
Valid
4
Pernyataan 4
0.805
0.30
Valid
5
Pernyataan 5
0.808
0.30
Valid
6
Pernyataan 6
0.791
0.30
Valid
7
Pernyataan 7
0.818
0.30
Valid
8
Pernyataan 8
0.775
0.30
Valid
   (Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)
Berdasarkan tabel 6, dimensi Reliability Harapan menunjukkan Pearson Correlation 0.781, 0.783, 0.760, 0.805, 0.808, 0.791, 0.818, dan 0.775 lebih besar dari 0.30. Maka seluruh pernyataan adalah Valid.





Tabel 7
Dimensi Responsiveness Harapan
No.
Pernyataan
Pearson Correlation
r tabel
Keterangan
1
Pernyataan 1
0.383
0.30
Valid
2
Pernyataan 2
0.509
0.30
Valid
3
Pernyataan 3
0.71
0.30
Valid
4
Pernyataan 4
0.657
0.30
Valid
5
Pernyataan 5
0.787
0.30
Valid
6
Pernyataan 6
0.772
0.30
Valid
7
Pernyataan 7
0.809
0.30
Valid
8
Pernyataan 8
0.578
0.30
Valid
    (Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)
Berdasarkan tabel 7, dimensi Responsiveness Harapan menunjukkan Pearson Correlation 0.383, 0.509, 0.710, 0.657, 0.787, 0.772, 0.809, dan 0.578 lebih besar dari 0.30. Maka seluruh pernyataan adalah Valid.

Tabel 8
Dimensi Assurance Harapan
No.
Pernyataan
Pearson Correlation
r tabel
Keterangan
1
Pernyataan 1
0.835
0.30
Valid
2
Pernyataan 2
0.859
0.30
Valid
3
Pernyataan 3
0.879
0.30
Valid
4
Pernyataan 4
0.732
0.30
Valid
5
Pernyataan 5
0.839
0.30
Valid
6
Pernyataan 6
0.781
0.30
Valid
(Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)
Berdasarkan tabel 8, dimensi Assurance Harapan menunjukkan Pearson Correlation 0.835, 0.859, 0.879, 0.732, 0.839, dan 0.781 lebih besar dari 0.30. Maka seluruh pernyataan adalah Valid.
Tabel 9
Dimensi Empathy Harapan
No.
Pernyataan
Pearson Correlation
r tabel
Keterangan
1
Pernyataan 1
0.886
0.30
Valid
2
Pernyataan 2
0.883
0.30
Valid
3
Pernyataan 3
0.846
0.30
Valid
4
Pernyataan 4
0.856
0.30
Valid
5
Pernyataan 5
0.808
0.30
Valid
6
Pernyataan 6
0.776
0.30
Valid
(Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)
Berdasarkan tabel 9, dimensi Empathy Harapan menunjukkan Pearson Correlation 0.886, 0.883, 0.846, 0.856, 0.808, dan 0.776 lebih besar dari 0.30. Maka seluruh pernyataan adalah Valid.
Tabel 10
Dimensi Tangibles Kenyataan
No.
Pernyataan
Pearson Correlation
r tabel
Keterangan
1
Pernyataan 1
0.798
0.30
Valid
2
Pernyataan 2
0.817
0.30
Valid
3
Pernyataan 3
0.804
0.30
Valid
4
Pernyataan 4
0.667
0.30
Valid
5
Pernyataan 5
0.625
0.30
Valid
6
Pernyataan 6
0.560
0.30
Valid
7
Pernyataan 7
0.754
0.30
Valid
8
Pernyataan 8
0.756
0.30
Valid
(Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)

Berdasarkan tabel 10, dimensi Tangibles Kenyataan menunjukkan Pearson Correlation 0.798, 0.817, 0.804, 0.667, 0.625, 0.560, 0.754, dan 0.756 lebih besar dari 0.30. Maka seluruh pernyataan adalah Valid.
Tabel 11
Dimensi Reliability Kenyataan
No.
Pernyataan
Pearson Correlation
r tabel
Keterangan
1
Pernyataan 1
0.661
0.30
Valid
2
Pernyataan 2
0.635
0.30
Valid
3
Pernyataan 3
0.721
0.30
Valid
4
Pernyataan 4
0.739
0.30
Valid
5
Pernyataan 5
0.756
0.30
Valid
6
Pernyataan 6
0.794
0.30
Valid
7
Pernyataan 7
0.803
0.30
Valid
8
Pernyataan 8
0.796
0.30
Valid
(Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)
Berdasarkan tabel 11, dimensi Reliability Kenyataan menunjukkan Pearson Correlation 0.661, 0.635, 0.721, 0.739, 0.756, 0.794, 0.803, dan 0.796 lebih besar dari 0.30. Maka seluruh pernyataan adalah Valid.




Tabel 12
Dimensi Responsiveness Kenyataan
No.
Pernyataan
Pearson Correlation
r tabel
Keterangan
1
Pernyataan 1
0.733
0.30
Valid
2
Pernyataan 2
0.708
0.30
Valid
3
Pernyataan 3
0.692
0.30
Valid
4
Pernyataan 4
0.747
0.30
Valid
5
Pernyataan 5
0.704
0.30
Valid
6
Pernyataan 6
0.725
0.30
Valid
7
Pernyataan 7
0.738
0.30
Valid
8
Pernyataan 8
0.673
0.30
Valid

Berdasarkan tabel 12, dimensi Responsiveness Kenyataan menunjukkan Pearson Correlation 0.733, 0.708, 0.692, 0.747, 0.704, 0.725, 0.738, dan 0.673 lebih besar dari 0.30. Maka seluruh pernyataan adalah Valid.

Tabel 13
Dimensi Assurance Kenyataan
No.
Pernyataan
Pearson Correlation
r tabel
Keterangan
1
Pernyataan 1
0.690
0.30
Valid
2
Pernyataan 2
0.744
0.30
Valid
3
Pernyataan 3
0.785
0.30
Valid
4
Pernyataan 4
0.843
0.30
Valid
5
Pernyataan 5
0.867
0.30
Valid
6
Pernyataan 6
0.762
0.30
Valid
(Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)
Berdasarkan tabel 13, dimensi Assurance Kenyataan menunjukkan Pearson Correlation 0.690, 0.744, 0.785, 0.843, 0.867, dan 0.762 lebih besar dari 0.30. Maka seluruh pernyataan adalah Valid.
Tabel 14
Dimensi Empathy Kenyataan
No.
Pernyataan
Pearson Correlation
r tabel
Keterangan
1
Pernyataan 1
0.882
0.30
Valid
2
Pernyataan 2
0.820
0.30
Valid
3
Pernyataan 3
0.797
0.30
Valid
4
Pernyataan 4
0.856
0.30
Valid
5
Pernyataan 5
0.847
0.30
Valid
6
Pernyataan 6
0.706
0.30
Valid
(Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)
Berdasarkan tabel 14, dimensi Empathy Kenyataan menunjukkan Pearson Correlation 0.882, 0.820, 0.797, 0.856, 0.847, dan 0.706 lebih besar dari 0.30. Maka seluruh pernyataan adalah Valid.
Tabel 15
Uji Reabilitas Harapan
Dimensi
Cronbach's Alpha
Keterangan
Tangibles
0.903
Reliable
Reliability
0.918
Reliable
Responsiveness
0.919
Reliable
Assurance
0.818
Reliable
Emphaty
0.897
Reliable
(Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)
Berdasarkan tabel 15, Uji Realibilitas Harapan menunjukkan Cronbach’s Alpha 0.903, 0.918, 0.919, 0.818, dan 0.897 lebih besar dari 0.60. Maka seluruh dimensi adalah reliable.

Tabel 16
Uji Reabilitas Kenyataan
Dimensi
Cronbach's Alpha
Keterangan
Tangibles
0.871
Reliable
Reliability
0.893
Reliable
Responsiveness
0.884
Reliable
Assurance
0.863
Reliable
Emphaty
0.873
Reliable
(Sumber : Hasil olahan data primer, 2015)
Berdasarkan tabel 16, Uji Realibilitas Kenyataan menunjukkan Cronbach’s Alpha 0.871, 0.893, 0.884, 0.863, dan 0.873 lebih besar dari 0.60. Maka seluruh dimensi adalah reliable.

3.                  Analisis Importance-Performance atau Diagram Cartesius atas Pelayanan yang diberikan Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa).

Diagram cartesius untuk pelayanan yang diberikan oleh Direktorat Kemahasiswaan dari 100 responden yang diteliti, nilai rata-rata dari rata-rata harapan (tingkat kepentingan) rata-rata kenerja (kenyataan).


Gambar 1.
Evaluasi Kepuasan Mahasiswa terhadap pelayanan Bidang Kemahasiswaan

Dari diagram cartesius tentang pelayanan yang diberikan Direktorat Kemahasiswaan di Universitas Mercu Buana dapat simpulkan bahwa faktor-faktor atau atribut yang berada pada kuadran A (prioritas utama). Untuk memperbaiki kinerja pelayanannya maka petugas pelayanan di Bidang Kemahasiswaan  sebaiknya memproritaskan pelayanan yang berada pada kuadran A, karena pada kuadran tersebut mahasiswa menganggap penting sedangkan tingkat pelaksanaannya masih belum memuaskan. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah: Keberadaan BEM- U dan MPM, Pembatasan Kegiatan Musik di Kampus dan Keterbatasan dana kegiatan.

Pada kuadran B menunjukkan tingkat pelayanan yang perlu dipertahankan oleh Bidang Kemahasiswaan  karena telah sesuai dengan yang diharapkan mahasiswa. Atribut yang berada pada kuadran B (pertahankan prestasi) ini sudah memuaskan, yaitu: Ketersediaan Auditorium dan AULA, Lapangan Olahraga dan Panjat tebing, Transportasi Bus Kampus, Penyaluran Beasiswa, Penegakan Kampus bebas Narkoba, Program MABIM dan semardisma, PKM, Pembina UKM, Program Dunia Kampus untuk MABA, Pelayanan administrasi mahasiswa, Proposal kegiatan, Partisipasi mahasiswa dalam kegiatan, SKPI pelengkap ijazah, Jaket almamater, Penghargaan wisudawan dan berprestasi, Pelatihan dan seminar dan Pola pengembangan kemahasiswaan dan prosedur kegiatan
Faktor-faktor atau atribut yang berada pada kuadran C (prioritas rendah). Atribut pada kuadran ini tidak menjadi prioritas karena mahasiswa menganggapnya kurang penting, yaitu: Penandatangan Buku Saku, Ketentuan larangan merokok dan ketertiban masuk – keluar Kampus (jam malam), Struktur Ormawa, Program kegiatan Ormawa, Sekretariat HIMA, Komunitas minat bakat, LPJ kegiatan, Pameran dan bazar, Ketersediaan Fasilitas Jogging Track dan Fitness..

Sedangkan atribut yang berada pada kuadran D (berlebihan). Atribut tersebut dianggap tidak penting bagi pelanggan (mahasiswa) namun tingkat pelaksanaannya dilakukan dengan baik oleh petugas di Bidang Kemahasiswaan, yaitu: Partisipasi dalam kompetisi, Peringatan Upacara Hari besar Nasional dan Persyaratan IPK seleksi ketua pengurus Ormawa.

4.    Simpulan dan Saran
4.1. Simpulan
Berdasarkan uraian pada penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Pelayanan di Bidang Kemahasiswaan (Ditmawa) masih ada yang belum sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna layanan (dalam hal ini mahasiswa). Oleh karena itu Bidang kemahasiswaan harus melakukan memperhatikan pelayanan yang terletak pada kuadran A yang menjadi prioritas utama.

2. Penilaian pelayanan di Bidang Kemahasiswaan (Ditmawa), mahasiswa menilai kinerja masih rendah terhadap pelayanan. Bidang Kemahasiswaan hendaknya meningkatkan pelayanan karena masih banyak pernyataan atau atribut yang terletak pada kuadran B dan C. Untuk mempertahankan mahasiswa dan memenuhi harapan, perlu adanya perbaikan atribut maka kualitas pelayanan akan memberikan kepuasan kepada mahasiswa.

4.2. Saran
Berdasarkan analisis Importance Performance (Diagram Cartesius), petugas pelayanan sebaiknya memprioritaskan pelayanan yang berada pada kuadran A, karena pada kuadran tersebut mahasiswa menganggap penting sedangkan tingkat pelaksanaannya masih belum memuaskan. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah: Keberadaan BEM- U dan MPM, Pembatasan Kegiatan Musik di Kampus dan Keterbatasan dana kegiatan.


Bidang Kemahasiswaan hendaknya meningkatkan pelayanan karena belum sesuai dengan harapan mahasiswa. Untuk mempertahankan mahasiswa dan memenuhi harapan, perlu adanya perbaikan maka kualitas pelayanan akan memberikan kepuasan kepada mahasiswa.
Share on Google Plus

About Kemahasiswaan Mercubuana

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Mercu Buana
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment