Universitas Mercu Buana

Unggul, Bermutu dan Bemanfaat

PSM Mercu Buana Sabet Pemenang 3 Kategori Festival Choral Internacional 3rd Canta Al Mar Barcelona

PADUAN SUARA UMB MENANG DI BARCELONA
Ikut Festival Choral Internacional 3rd Canta Al Mar Spanyol, paduan suara Universitas Mercua Buana juara 1 dalam 3 kategori folklore.


Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa Universitas Mercu Buana (Padus UMB) kembali meraih prestasi gemilang di ajang choir tingkat internasional.

Nggak tanggung-tanggung, tim padus UMB berjuang dalam 3 kategori lomba di gelaran event Festival Choral Internacional 3rd Canta Al Mar Spanyol Barcelona. Dari ketiga kategori tersebut, Padus UMB meraih juara pertama untuk kategori Mixed Choir, Female Choir, dan Folklore.

Sebagai gambaran, Padus UMB memang dapat didandalkan di kategori folklore. Karenanya mengikuti lomba ini, sekitar 40 mahasiswa terlibat untuk menyanyikan lagu Lingsir Wengi, Ahtoi Porosh, dan Janger, yang secara berurutan diaransemen Amillio Fahlevi, Budi Susanto Yohanes, dan Avip Priatna juga Agustinus Bambang Jusana.

Adapun lagu-lagu yang dinyanyikan dalam kategori Female Choir PSM UMB membawakan lagu On The Death of Antony (Samuel Barber), Salve Regina (Ivan Yohan), dan Ditirambo (Arr. Karl Friedrich Curachmann).

Seperti tertuang dalam rilis yang HAI terima pada Rabu (29/10) ini, peserta telah mengikuti lomba ini selama 5 hari dari mulai tanggal 22-26 Oktober 2014 lalu di Spanyol.

“Kami sadar bahwa menyiapkan generasi unggul tidak cukup hanya menguasai kompetensi kognitif, namun juga afektif dan psikomotorik. Oleh karenanya, saya mendukung penuh keikutsertaan Paduan Suara Universitas Mercu Buana dalam kompetisi paduan suara internasional Canta Al Mar Barcelona 2014 ini, sebagai wahana ekspresi ketiga kompetisi tersebut,” kata Dr. Arissetyanto Nugroho. MM selaku Rektor UMB sekaligus Pembina UKM PSM UMB.

Sebagai gambaran, Padus UMB ini sudah terbentuk pada tanggal 23 Oktober 1988 silam. Beragam prestasi sudah banyak ditorehkan. Bukan Cuma di dalam tapi di luar negeri juga.Selain itu Padus UMB juga telah beberapa kali sukses menyelenggarakan berbagai macam konser paduan suara, baik yang bertajuk kontemporer hingga dalam bentuk seni pertunjukan drama musikal.

Sebelumnya Padus UMB pernah juga berpartisipasi dalam misi kebudayaan di Vietnam 2011, Menjuarai Event Internasional Choir Competition di Guangzhou International Open Competition 2012.

“Saya bangga, Padus UMB udah masuk ke dalam rangking dunia dan sekembalinya ke tanah air semoga terus membanggakan tidak hanya Universitas Mercu Buana, tetapi juga bagi bangsa dan negara Indonesia ini,” ucapnya lagi.



Sumber: Majalah Hai Online
RABU, 29 OKTOBER 2014; 
Penulis: Sobri Hai
Dipublikasikan oleh:
Ahmad Rifa'i @Ahmad2931Jr
Kemahasiswaan Universitas Mercu Buana
Foto dari: @psm_umb
Artikel dapat diakses di laman:
http://www.hai-online.com/Hai2013/Lifestyle/Event-Agenda/Events/Paduan-Suara-UMB-Menang-di-Barcelona
Share on Google Plus

About Kemahasiswaan Mercubuana

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Mercu Buana
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: