Universitas Mercu Buana

Unggul, Bermutu dan Bemanfaat

Upaya Peningkatan Prestasi

UpayaUMB untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang akademik dan non akademik terdapat dalam Renstra yang telah dibuat oleh UMB. Selain itu, Bagian Kemahasiswaan UMB melakukan upaya peningkatan prestasi yang dituangkan dalam RKAT. Penjelasan mengenai upaya peningkatan prestasi adalah sebagai berikut :

Arena Sasana Kreasi Buana



















a.              Bimbingan Peningkatan Prestasi
Dalam upaya peningkatan prestasi, sejak awal di semester I, mahasiswa sudah diarahkan untuk berprestasi baik secara akademik dan non akademik. Mahasiswa baru diberikan bimbingan secara masal melalui kegiatan Masa Bimbingan Mahasiswa (Mabim) dalam setahun pertama, di samping bimbingan akademik secara individu oleh dosen pembimbing akademik yang ditunjuk oleh prodi masing-masing. UMB juga menyelenggarakan beberapa pelatihan dan workshop yang terprogram dalam tiap tahun anggaran, baik bagi para mahasiswa, dosen PA, Pembina Kemahasiswaan dan para pengurus Ormawa.
Universitas menyediakan berbagai fasilitas dalam pengembangan minat dan bakat, berupa ruang pusat kegiatan mahasiswa (Pusgiwa), Sasana, lapangan bola, lapangan basket, arena panjat tebing, terompet, organ, piano, dan sebagainya.

b.             Penyedia Dana
Universitas menyediakan anggaran khusus untuk beberapa UKM unggulan sebesar Rp.100.000.000,00. Unit Kegiatan Mahasiswa yang dijadikan program unggulan adalah UKM Paduan Suara, UKM Robot, dan UKM Bola basket. Penentuan program unggulan ini didasarkan pada prestasi yang pernah diraih.

Direktorat Kemahasiswaan secara rutin dan terprogram menyelenggarakan pelatihan metodologi penelitian dan penulisan karya ilmiah, workshop PKM, lomba karya ilmiah, pelatihan googling, pelatihan penulisan ilmiah.

Universitas mendatangkan pelatih profesional untuk mempersiapkan mahasiswa dalam mengikuti kompetisi baik untuk lingkup nasional mau pun internasional.

Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa


c.              Pemberian kesempatan untuk berpartisipasi dilakukan secara terprogram
Pemberian kesempatan untuk berpartisipasi secara terprogram dilakukan dengan mengadakan musyawarah kerja di tiap periode kepengurusan untuk menyusun program kerja dalam setahun. Program kerja tersebut berisi rencana dan anggaran untuk berbagai kegiatan yang mereka akan laksanakan pada periode kepengurusan berjalan. Musyawarah kerja dilaksanakan tidak lama setelah pelantikan pengurus baru. Dihadiri oleh segenap pengurus ormawa dan diawasi oleh Pembina Kemahasiswaan, Dekan, Kaprodi, serta perwakilan dari Direktorat Kemahasiswaan.
Share on Google Plus

About Kemahasiswaan Mercubuana

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Mercu Buana
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment