Universitas Mercu Buana

Unggul, Bermutu dan Bemanfaat

TINGKAT KEPUASAN MAHSISWA

Laporan tentang hasil survei kepuasan mahasiswa terhadap layanan kegiatan kemahasiswaan dilakukan secara komprehensif yakni meliputi kepuasan terhadap proses belajar mengajar, pelayanan administrasi, ketersediaan sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar, penanganan kegiatan kemahasiswaan,  penanganan program beasiswa dan sarana prasarana pendukung kegiatan kemahasiswaan. Proses yang dilakukan dijalankan mulai dari perencanaan dalam bentuk proposal penelitian yang terdiri dari latar belakang, tujuan penelitian, manfaat penelitian, kerangka berfikir, penetapan metodologi penelitian, jumlah populasi, tehnik penarikan sampel, tehnik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Kesahihan dan keandalan intsrumen atau kuesioner tersebut telah diuji validitas dan realibilitas dengan korelasi Product Moment dan Cronbach Alpha. Kuesioner dibuat dengan menggunakan pernyataan tertutup dan mahasiswa memberikan jawaban berdasarkan pilihan yang tersedia dengan tanda check list (√). Selain itu ditentukan pula  tehnik analisa data, teknik pengolahan data dan laporan yang berisikan hasil analisa data dan rekomendasi.

Hasil survei selain disampaikan kepada seluruh pimpinan (hard copy), juga disampaikan pada saat Rapat Tinjauan Manajemen, yang digunakan untuk perbaikan layanan secara langsung, maupun perbaikan yang berkelanjutan. Perbaikan yang berkelanjutan dituangkan dalam Sasaran Mutu Universitas (Memo Koordinasi Program Rektor) per tahun.

Hasil evaluasi tingkat kepuasan mahasiswa dalam proses belajar mengajar juga sekaligus menjadi  tolok ukur untuk menentukan indeks kinerja dosen. Tindak lanjut ini ndi berupa apresiasi bagi dosen yang memiliki skor penilaian sangat baik (di atas 3,5) dan peringatan lisan maupun tertulis bagi dosen yang skor penilaiannya kurang dari 2,75. Untuk dosen yang memperoleh skor penilaian kurang dari standar, juga dilakukan pembinaan dan peningkatan kompetensi melalui pelatihan yang diprogramkan oleh Biro SDM.

Laporan hasil survei tersebut mudah diakses, karena disampaikan secara langsung kepada para pimpinan, juga disimpan di Pusat Penelitian, serta terbuka bagi para pemangku kepentingan yang membutuhkan, termasuk pengurus lembaga kemahasiswaan.

Berikut ini adalah hasil evaluasi PBM dan tingkat kepuasan mahasiswa.
Hasil evaluasi PBM dalam 3 tahun terakhir:
Pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa diukur melalu evaluasi proses belajar mengajar dilakukan setiap semester oleh LP2M. Hasil evaluasi selama 3 tahun terakhir juga menunjukkan  tren kenaikan tingkat kepuasan mahasiswa, kecuali indikator penilaian menunjukkan tren naik turun.

Evaluasi tingkat kepuasan pelayanan kemahasiswaan mahasiswa diukur melalui penanganan kegiatan, pelayanan administrasi, pelayanan program beasiswa dan petugas dilakukan setiap semester  oleh LP2M. Selama 3 tahun terakhir sejak tahun akademik 2010/2011, hampir semua indikator pelayanan meningkat kepuasan mahasiswa. Namun ada satu hal yakni pelayanan petugas yang mengalami penurunan. Tindakan perbaikan yang terkait dengan penurunan kepuasan terhadap pelayanan petugas yakni dengan melakukan pelatihan service excellence yang dilakukan oleh Direktorat Sumber Daya


Aksesibilitas dan layanan unit pembinaan dan pengembangan dilakukan melalui kegiatan bimbingan dan konseling, minat dan bakat, pembinaan soft skills, program beasiswa dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa. Bimbingan dan konseling selain didukung oleh tim khusus dari Fakultas Psikologi sekaligus menjadi tugas dosen penasehat akademik serta para pembina kemahasiswaan. Pembinaan dan pengembangan minat dan bakat disalurkan melalui ekstra kurikuler dan unit-unit kegiatan kemahasiswaan di bawah bimbingan dosen pembina serta dukungan pelatih.

Pembinaan soft skills mahasiswa dilakukan secara bertahap sejak semester 1 sampai semester 6 mulai dari tahapan pembentukan image, kemampuan berinovasi, kemampuan berorganisasi serta kewirausahaan melalui kegiatan-kegiatan reguler maupun pelatihan-pelatihan secara terprogram. Untuk mendukung program pembinaan dan pengembangan minat bakat maupun soft skills UMB telah memiliki fasilitas yang memadai meliputi fasilitas olahraga, bela diri, Pusat Kegiatan Mahasiswa, Sarana Kreasi, dan fasilitas pelayanan kesejahteraan (kantin dan poliklinik).

Mahasiswa UMB yang memenuhi kriteria berhak mendapatkan beasiswa baik yang difasilitasi oleh universitas maupun beasiswa-beasiswa yang bersumber dari program Dikti, Pemerintah DKI serta sumbangan-sumbangan dari yayasan swasta. Di UMB menyediakan 7 program beasiswa, yakni: PBM, PPA, YBJ, Supersemar, Bidik Misi, Anak Karyawan, dan PHKI.
Share on Google Plus

About Kemahasiswaan Mercubuana

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Mercu Buana
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment