Universitas Mercu Buana

Unggul, Bermutu dan Bemanfaat

SIA Pengembangan

Direktorat IT Universitas Mercu Buana kembali mengadakan Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Akademik Pengembangan (SIA-P) di ruang T.007 Kampus Menara Bhakti UMB Jakarta Barat,  diikuti oleh seluruh staf Biro Administrasi di lingkungan Universitas Mercu Buana, 16/7/14. Direktur  IT, Dr. Mujiono Sadikin,  menegaskan bahwa penggunaan SIA-P tersebut diperlukan karena terdapat banyak celah pada SIA Universitas Mercubuana yang lama.


Pada SIA-P ini pihak Direktorat IT menekankan pada fitur terbarunya, yaitu menggunakan teknologi host to host dengan bank yang bekerja sama dengan Universitas Mercu Buana. Dengan adanya fitur ini sistem keuangan di Universitas mercu buana akan selalu update H+1 setelah pembayaran dilakukan, terkecuali pembayaran yang dilakukan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu, akan ter-update pada hari Senin berikutnya.

Pada awal tahun ajaran baru akan ada manajemen tarif, yaitu seperti meng-generate tagihan atau invoice. Tagihan sendiri dibagi menjadi dua yaitu, tagihan rutin (SPP) atau tagihan tidak rutin (wisuda, cuti, ujian susulan, dan lainnya). Sehingga bisa melihat data pembayaran yang masuk secara real-time, selain itu SIA-P dapat mengkontrol pembayaran yang dilakukan oleh mahasiswa. Semua pembayaran yang dilakukan oleh mahasiswa base on tagihan, jikalau mahasiswa ingin membayar lebih atau kurang dari jumlah yang ditentukan oleh pihak BAK, maka mahasiswa tersebut harus menghubungi pihak BAK terlebih dahulu.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur IT juga berharap bahwa penggunaan SIA-P tersebut akan dapat membantu kebutuhan pengelolaan sistem dengan lebih baik menggantikan system SIA yang lama, serta kontrol UMB dengan bank akan lebih lancar lagi dan realtime. 

Disampaikan Oleh:
Biro Sekretariat Universitas & Hubungan Masyarakat Universitas Mercu Buana

Share on Google Plus

About Kemahasiswaan Mercubuana

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Mercu Buana
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment